Jul 21, 2020 Cara Membuat Bisnis

Menjadi Pahlawan Untuk Diri Sendiri

Abdurrahman Baswedan terlibat dalam dunia pergerakan dengan mengusung cita-cita mewujudkan bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Ia merupkan seorang ahli dalam menyusun strategi perang dan mengkoordinasikan pasukan membuat Belanda resah karena selalu kalah. Berbagai taktik Belanda untuk menangkap Depati Amir terus mengalami kegagalan. Pada tahun 1947 membentuk sebuah kelaskaran Mujahidin, sama dengan nama pesantren yang ia dirikan. Kelasykaran ini selain masyarakat juga terdiri dari para santri, murid-murid dan guru-guru pesantren dan madrasah yang ia pimpin. Di bawah pimpinan adik kandungnya, kelaskaran ini melakukan penyerangan terhadap tangsi NICA pada tahun 1947.

Menjadi seorang pejuang dalam kehidupan

Aku jadi bisa melihat sendiri bahwa selama ini aku sudah mengusahakan pengaturan keuangan yang terbaik bagi aku, dan juga diingatkan bahwa aku bisa mempertahankan kebiasaan keuangan yang produktif dan gak cuma konsumtif. Awalnya keputusan untuk pergi mengajak ibu dan adikku ke Jakarta memang sekadar untuk menghibur diri. Namun seiring waktu, kalau mengilas balik momen tersebut, aku belajar bahwa meski aku gak dapat apa yang aku inginkan, bukan berarti aku gak punya apa yang sebenarnya kubutuhkan untuk rentang waktu yang lebih panjang. Aku akan selalu mensyukuri saat-saat menyenangkan dan waktu berkualitas yang bisa aku miliki dengan keluargaku.

Semakin hari semakin banyak orang yang menjadi pengikut Syekh Nurjati. Perkampungan yang dekat dengan pelabuhan Muara Jati disebut Pesambangan. Diceritakan dalam Carita Purwaka Caruban Nagari, dalam Sejarah Banten, juga dalam Naskah Mertasinga, bahwa Syekh Nurjati/Syekh Idofi Mahdi/ Syekh Datuk Kahfi, mendarat di Muara Jati setelah pendaratan Syekh Quro dan rombongan.

Selama lima tahun, Geronimo dan pengikutnya berjuang dalam masa penyerangan yang disebut-sebut perang Indian terakhir dengan AS. Kepala suku Tchihende, Mangas Coloradas segera mengirim Geronimo ke kelompok menantunya, Cochise, untuk membantunya membalas dendam dan memperjuangkan hak suku aslinya terhadap Meksiko. Nama Geronimo pun muncul karena di tengah desingan peluru saat pertempuran, dia selalu berani dan pantang menyerah untuk tetap menerjang dan menyerang pasukan Meksiko hanya dengan menggunakan senjata pisau.

Tidak boleh kehilangan jati diri dan selalu menempatkan merah putih di dada sebagai sebuah kebanggaan yang tidak akan pernah luntur dimakan usia, di mana pun dan dalam bidang apa pun pekerjaan kita. Seperti tadi saya katakan bahwa pahlawan saat ini dapat muncul dalam berbagai bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Jangankan guru sebagai pendidik, seorang anak SD berusia 7 tahun yang membantu seorang nenek-nenek yang sudah tua renta untuk menyebrang jalan yang ramai bisa disebut sebagai seorang pahlawan cilik. Begitu juga dengan sosok seorang pendidik yang sehari-harinya mengajari dan mendidik anak didiknya untuk menjadi manusia-manusia yang cerdas sekaligus bertakwa kepada Allah SWT, merupakan pekerjaan mulia yang nilainya tiada tara.